Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Cache Yang Benar Di Android

RudiEtnovian.Com - Halo guys semoga hari kalian selalu menyenangkan ya guys. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kembali tentang Android guys.

Tema yang akan kita bahas yaitu tentang cache yang ada di perangkat android.

Cara Membersihkan Cache Yang Benar Di Android

Buat kalian yang suka ngoprek aplikasi saya yakin sudah paham tentang cache ini. Tapi buat teman-teman yang makai gadget hanya sekedar suntuk nelpon, chating dan pemakaian normal pada umumnya mungkin masih ada yang masih belum mudeng apa itu cache.

Sebelum ke tutorial bagaimana cara membersihkannya, ada baiknya kita ulas sedikit mengenai apa itu cache yang terdapat di perangkat android, karena cache ini sangat berpengaruhi pada sistem operasi perangkat yang kita gunakan guys.

APA ITU CACHE

Simpelnya guys, cache itu adalah data sementara  yang dihasilkan dari pengoperasian sebuah aplikasi pada perangkat android.

Contohnya, seperti pengaturan kontak, media dan aplikasi lainnya yang ada di perangkat android kita yang semua itu tersimpan secara otomatis di sistem.

Sedikit kita ulas bagaimana cara kerja cache tersebut ya guys.

Misalkan saja kalian download aplikasi nih dari playstore, katakan saja aplikasi Facebook.

Nah, ketika aplikasi Facebook tersebut kalian buka (jalankan), maka akan muncul sejumlah data yang dihasilkan dari pengoperasian aplikasi Facebook tersebut.

Data tersebut secara otomatis akan tersimpan di media penyimpanan perangkat android dan membuat kapasitas penyimpanan kalian berkurang (dipakai) guys.

Data inilah yang nantinya akan digunakan kembali saat kalian menjalankan aplikasi tersebut dikemudian hari guys.

Data cache tersebut berupa aturan dari penggunaan aplikasi yang telah kalian buka tadi guys.

Data tersebut bisa berupa alamat email, password, foto dan informasi lain terkait akun Facebook kalian guys. Data inilah yang disebut cache facebook.

Dengan adanya cache inilah makanya saat kalian membuka aplikasi facebook untuk yang kedua kalinya dan seterusnya, loading aplikasi fecebooknya menjadi lebih cepat dan membuat kalian tidak login kembali seperti saat pertama kali membukanya guys.

FUNGSI CACHE DI PERANGKAT ANDROID

Berikut ini adalah beberapa fungsi cache yang bisa kita ketahui jika kita melihat bagaimana cara kerjanya tadi guys.

  1. Mempercepat loading data sebuah aplikasi atau browser sehingga bisa meningkatkan performa aplikasi secara keseluruhan.
  2. Menghemat konsumsi kuota data internet karena tidak perlu mengunduh informasi dari server kembali, cukup mengambilnya dari data cache yang tersimpan di perangkat tersebut.
  3. Mengurangi beban di back end dan melindungi perangkat dari kinerja berat saat proses loading sehingga bisa terhindar dari crash.

APAKAH CACHE BOLEH DIHAPUS?

Nah, setelah mengetahui apa itu cache dan apa fungsi cache tersebut, kira-kira ada gak ya yang pernah bertanya-tanya seperti ini.

"Bang, kalau cache tersebut saya hapus, boleh gak sih?"

Semua Cache tersebut baik cache sistem maupun cache aplikasi tentu saja boleh dihapus apalagi jika sudah "memakan" terlalu banyak ruang penyimpanan.

Lagipula cache sifatnya hanya sementara saja ya guys. Hanya mempermudah kita saat membuka sebuah aplikasi dan mempercepat loading saat mengaksesnya kembali.

Jika dibiarkan begitu saja, maka lama kelamaan cache akan semakin menumpuk dan akan mempengaruhi kinerja sistem operasi gadget kalian guys.

Bahkan proses loading saat kalian membuka sebuah aplikasi pun bukannya menjadi semakin cepat melainkan akan menjadi semakin lambat.

Jadi jangan biarkan residu dari pengoperasian sistem dan aplikasi tersebut menumpuk dan memakan terlalu banyak ruang penyimpanan kalian.

Hapus saja saat dirasa sudah mulai membuat penuh ruang penyimpanan kalian. Pembersihan cache ini tidak akan menghilangkan data penting kalian kok.

CARA MENGHAPUS CACHE

Pembersihan cache tersebut tidak akan mempengaruhi (menghapus) data penting kalian jika dilakukan dengan benar ya guys.

Karena banyak sekali teman-teman yang mengalami kesalahan dalam menghapus cache tersebut.

Maksudnya ingin menghapus cache tapi malah menghapus data penting lainnya. 

Agar tidak terjadi lagi kesalahan yang serupa ada baiknya kalian mengikuti beberapa langkah cara menghapus cache yang benar.

  1. Buka menu "Setting".
  2. Pilih "Aplikasi".
  3. Pilih "Kelola Aplikasi".
  4. Pilih opsi "urut per penyimpanan terpakai".
  5. Pilih aplikasi yang menggunakan ruang penyimpanan paling banyak.
  6. Pilih menu "hapus data".
  7. Pilih "bersihkan cache".
  8. Pilih "Oke".

Setelah itu biarkan proses pembersihan berjalan sampai selesai ya guys.

Lakukan kepada beberapa aplikasi lainnya yang menggunakan ruang penyimpanan terbanyak dan pilih yang "Bersihkan Cache" ya guys jangan yang "Hapus Semua Data".

Kesalahan yang banyak terjadi ada di pemilihan antara opsi "bersihkan cache" dengan opsi "hapus semua data".

Kalau kalian pilih opsi yang "hapus semua data", maka semua data penting kalian yang ada aplikasi tersebut akan dihapus permanen ya guys.

Opsi "hapus semua data" ini bisa kalian lakukan jika kalian sudah yakin bahwa tidak ada lagi data penting kalian di aplikasi tersebut karena sudah kalian backup atau memang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Sedangkan opsi "bersihkan cache", kalian hanya menghapus data sementara seperti yang telah dijelaskan diatas tadi guys.

Pembersihan cache yang saya sebutkan diatas adalah proses penghapusan cache yang dilakukan secara manual dan satu per satu pada tiap-tiap aplikasi.

Memang ada sebagian gadget yang memiliki fitur menghapus cache bawaan yang bisa digunakan untuk menghapus cache secara serentak hanya dengan satu klik.

Nah, bagi kalian yang tidak memiliki fitur seperti ini, kalian bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki fitur membersihkan cache dengan sekali klik, hanya saja biasanya aplikasi pihak ketiga seperti itu akan terdapat iklan selama pemakaiannya.

Oke guys mungkin cukup sampai disini pembahasan kita tentang cache di perangkat android kali ini.

Semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada kritik, saran atau pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar ya guys.

Rudi Etnovian
Rudi Etnovian Seorang Blogger yang Menyediakan Layanan Pembuatan Website, Layanan Internet Murah dan Layanan Instal Ulang Windows Komputer

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Cache Yang Benar Di Android"