Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Yang Tidak Bisa Dibuka

RudiEtnovian.Com - Halo guys kalian pernah gak sih ngalamin dimana saat kalian mau buka aplikasi Google di gadget kalian tapi aplikasinya tiba-tiba gak bisa dibuka?

Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Yang Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi dari Google tersebut bisa saja Google Chrome, Youtube atau yang lainnya guys.

Kalau kalian pernah mengalami hal yang sama seperti itu, ada baiknya kalian mengikuti beberapa langkah Bagaimana Cara Mengatasi Google Yang Tidak Bisa Dibuka baik di Android maupun iOS berikut ini.

PENYEBAB GOOGLE TIDAK BISA DIBUKA

Dari beberapa pengalaman selama menggunakan Aplikasi Google baik Google Chrome, Youtube dan sebagainya setidaknya ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kegagalan (error) saat membuka aplikasi Google tersebut.

Beberapa faktor utama yang sering menjadi penyebab google tidak bisa dibuka yaitu :

MEMORI GADGET PENUH

Buat kalian para pengguna gadget, baik android atau yang lainnya, kalian harus benar-benar memperhatikan kapasitas memori yang ada pada gadget kalian.

Jangan sampai ruang penyimpanan yang ada di gadget kalian tersebut diisi sampai penuh.

Meskipun kapasitas memori gadget kalian besar, bukan berarti kalian bisa mengisinya sesuka hati sampai penuh.

Kontrol penggunaan memori secara berkala dengan menghapus file atau aplikasi yang terlalu banyak menggunakan ruang penyimpanan apalag jika sudah tidak digunakan lagi sebaiknya di hapus atau dipindahkan saja.

Berikan gadget kalian cukup ruang untuk "bernafas" dengan cara menyediakan ruang kosong setidaknya 15% dari total kapasitas memori gadget.

FILE CACHE SUDAH MENUMPUK

Setiap aplikasi yang kalian buka/jalankan akan meninggalkan sejumlah "tumpukan" informasi berupa file, gambar, skrip dan sebagainya yang akan tersimpan secara otomatis di dalam memori gadget dan bersifat sementara.

Fungsi utamanya adalah agar disaat kalian menjalankan aplikasi tersebut proses loadingnya akan menjadi lebih singkat dan aplikasi bisa langsung terbuka/berjalan, karena aplikasi tersebut sudah pernah dijalankan.

Meskipun bersifat sementara tumpukan file cache tersebut jika sudah terlalu banyak tetap saja akan memberikan pengaruh pada kinerja gadget kalian.

Jadi sangat disarankan untuk melakukan pembersihan secara berkala terhadap file-file cache tersebut.

Silahkan ikuti Bagaimana Cara Membersihkan Cache Yang Benar jika kalian belum mengetahui Bagaimana Cara Membersihkan Cache.

MENGGUNAKAN APLIKASI VERSI LAMA

Hal berikutnya yang menyebabkan sebuah aplikasi mengalami error saat dijalankan adalah aplikasi yang digunakan tersebut merupakan aplikasi "jadul" atau versi lama.

Sehingga akan terdapat "bug" yang mempengaruhi kerja dari sebuah aplikasi.

Hal seperti ini akan biasa terjadi khususnya pada aplikasi yang sifatnya online yang hanya akan bisa digunakan saat terhubung ke jaringan internet agar bisa mengakses data dan informasi yang tersimpan di server si aplikasi tersebut.

Jadi, lakukan update (pembaruan) aplikasi yang kalian gunakan secara berkala. Cek apakah sudah keluar versi terbaru dari aplikasi tersebut.

CARA MENGATASI GOOGLE YANG TIDAK BISA DIBUKA

Setelah mengetahui beberapa faktor utama yang menyebabkan google tidak bisa dibuka, sekarang saatnya untuk mengatasinya.

Silahkan kalian ikuti beberapa tahapan berikut ini untuk mengatasi google yang tidak bisa dibuka baik bagi pengguna Android maupun iOS.

ANDROID

Bagi kalian para pengguna android silahkan ikuti beberapa langkah berikut untuk mengatasi google yang tidak bisa dibuka.

Langkah 1 : Cek Koneksi Internet

  1. Pastikan perangkat kalian tidak sedang dalam Mode Pesawat.
  2. Periksa koneksi Wi-Fi jika kalian sedang menggunakan koneksi Wi-Fi.
  3. Periksa koneksi data seluler dan pastikan kuota internet kalian masih ada.

Langkah 2 : Perbaiki Google App

  1. Mulai Ulang (Restart) Google App.
  2. Mulai Ulang (Restart) perangkat yang digunakan.
  3. Update Google App yang ada di perangkat tersebut.
  4. Hapus cache Google App .
  5. Hapus data Google App.

IOS

Bagi kalian para pengguna iOS silahkan ikuti beberapa langkah berikut untuk mengatasi google yang tidak bisa dibuka.

Langkah 1 : Cek Koneksi Internet

  1. Pastikan perangkat kalian tidak sedang dalam Mode Pesawat.
  2. Periksa koneksi Wi-Fi jika kalian sedang menggunakan koneksi Wi-Fi.
  3. Periksa koneksi data seluler dan pastikan kuota internet kalian masih ada.

Langkah 2 : Perbaiki Google App

  1. Mulai Ulang (Restart) Google App.
  2. Mulai Ulang (Restart) perangkat yang digunakan.
  3. Update Google App yang ada di perangkat tersebut.
  4. Hapus cache Google App .
  5. Hapus data Google App.

Nah, ikuti beberapa langkah di atas secara berurutan untuk Mengatasi Google Yang Tidak Bisa Dibuka pada masing-masing perangkat kalian.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat dan bisa membantu menjawab pertanyaan dari teman-teman yang bingung "kenapa google saya tidak bisa dibuka ya, padahal kuota internet masih banyak.?".

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada kritik dan saran yang ingin disampaikan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ya guys.

Rudi Etnovian
Rudi Etnovian Seorang Blogger yang Menyediakan Layanan Pembuatan Website, Layanan Internet Murah dan Layanan Instal Ulang Windows Komputer

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Yang Tidak Bisa Dibuka"