Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

RudiEtnovian.Com - Halo guys. Pada kesempatan kali ini saya akan membuat Tutorial Bagaimana Caranya Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Tertutup / Mati Sendiri.

Trouble seperti ini memang cukup sering terjadi dan hampir banyak dialami oleh para pengguna Layanan Internet Murah dari Reins Network.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Bagi para Mitra dan Pengguna baru, hal seperti ini tentu akan membuat tidak nyaman karena harus membuka dan melakukan "login" berulang kali setiap akan menggunakan koneksi internetnya. 

Penyebab utama kenapa hal ini bisa terjadi adalah spek Hp yang terlalu memaksa dan ditambahkan lagi mungkin membuka aplikasi lain (multitasking) secara bar-bar.

Jadi sangat disarankan buat teman-teman semua untuk memperhatikan kondisi dan spesifikasi perangkat yang digunakan sebelum menggunakannya untuk berbagai aktifitas terutama ketika akan menjalankan sebuah aplikasi.

Setelah sekian lama saya menyediakan Layanan Internet Murah, sepertinya masih ada beberapa pengguna dan Mitra Reins Network yang belum mengetahui apa yang seharusnya mereka lakukan saat aplikasi Armod yang digunakan untuk "login" tersebut tiba-tiba mengalami trouble seperti seringnya aplikasi armod tersebut mati / tertutup sendiri.

SOLUSI UNTUK APLIKASI ARMOD YANG SERING MATI SENDIRI

Buat teman-teman yang mengalami hal semacam ini ketika menggunakan aplikasi Armod, silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini.

UPDATE APLIKASI

Beberapa aplikasi yang ada di perangkat yang kita gunakan baik itu perangkat Komputer maupun Smartphone pasti akan mengalami berbagai macam perbaikan dan peningkatan dari Developernya.

Perbaikan dan peningkatan aplikasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja dari sebuah aplikasi.

Hal seperti ini bisa saja dilakukan pada aplikasi yang sifatnya offline dimana bisa dibuka/dijalankan tanpa memerlukan koneksi internet maupun pada aplikasi yang hanya bisa dibuka/dijalankan saat terhubung ke jaringan internet.

Hanya saja untuk aplikasi offline, biasanya tidak akan mengalami pembaruan sesering aplikasi yang online.

Sebagai pengguna yang baik, lakukanlah pengecekan terhadap aplikasi yang kalian gunakan.

Jika memang sudah ada versi terbarunya, segeralah meng-update-nya, karena jika sudah ada versi terbarunya tapi kalian tidak ikut melakukan update juga, maka kinerja aplikasi tersebut tidak akan maksimal bahkan bisa saja akan mengalami error (khusus aplikasi yang sifatnya online).

KUNCI APLIKASI

Kunci aplikasi yang saya maksud disini bukan mengaktifkan fitur kunci aplikasi agar aplikasi tersebut tidak bisa dibuka/dijalankan oleh orang lain yang tidak mengetahui passwordnya, melainkan mengunci aplikasi yang sedang dibuka / dijalankan (recents apps).

Tujuannya adalah agar aplikasi tersebut tidak ikut dimatikan saat sistem operasi pada perangkat tersebut melakukan optimalisasi secara otomatis.

Proses optimalisasi otomatis ini akan terjadi (aktif) saat sistem operasi mendeteksi adanya semacam kelebihan "beban" pada perangkat tersebut.

Jadi semua aplikasi-aplikasi yang sedang aktif akan ditutup / dimatikan secara otomatis dengang tujuan agar perangkat tersebut bisa "bernafas" dengan lega.

Jadi buat yang menggunakan hp dengan spek "maksa", jangan kalian pres hp tersebut dengan melakukan pekerjaan berat seperti membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Tutuplah aplikasi yang memang sudah tidak dipakai lagi sebelum membuka aplikasi lainnya. Agar kinerja sistem operasi di hp tersebut tetap optimal.

Nah, dalam kasus kali ini kita membicarakan mengenai aplikasi Armod yang sering mati sendiri sehingga membuat koneksi internet pun menjadi terputus.

Matinya aplikasi Armod ini bisa jadi karena aplikasi tersebut ikut ditutup saat terjadi optimalisasi oleh sistem.

Agar aplikasi Armod ini tidak ikut dimatikan saat terjadi optimalisasi oleh sistem, maka perlu menambahkan aplikasi Armod ini ke daftar pengecualian atau dikunci.

Berikut cara menambahkan aplikasi Armod ke daftar pengecualian aplikasi yang tidak perlu dimatikan saat terjadi optimalisasi atau mengunci recent apps tersebut.

CARA PERTAMA

Bagi pengguna hp Android versi terbaru, fitur kunci recent apps ini biasanya akan langsung muncul ketika kita menekan tombol recent apps yang ada di layar hp Android.

Buat teman-teman yang mungkin bingung, tombol recent apps itu yang mana, silahkan lihat gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Pada gambar di atas bisa dilihat tombol recent apps nya berada di sebelah kiri tombol beranda.

Untuk letak dari tombol tersebut pada setiap hp bisa saja berbeda-beda, ada yg di sebelah kiri dan ada pula yang di sebelah kanan tombol Beranda.

Icon yang digunakan juga akan berbeda-beda, ada yang berbentuk persegi seperti itu, garis horizontal sebanyak tiga lapis atau icon lainnya.

Jadi yang perlu diingat adalah fungsi tombol tersebut ya guys, jangan ingat bentuknya apalagi letaknya, karena setiap hp bisa saja akan berbeda letak dan iconnya.

Setelah tombol recent apps nya ketemu, silahkan tekan tombol tersebut. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Dari gambar di atas kita bisa lihat pada saat itu ada empat aplikasi yang sedang aktif. Untuk tampilannya setiap hp bisa saja berbeda ya guys. Jadi sekali lagi saya minta kalian jangan terfokuskan pada tampilan.

Apabila tombol yang ada di dalam lingkaran merah itu di tekan, maka semua aplikasi yang sedang aktif tersebut akan ditutup untuk membersihkan RAM dan meningkatkan kinerja sistem operasi pada hp tersebut.

Untuk icon tombolnya pun lagi-lagi setiap hp akan berbeda, ada yang berupa tanda silang ada juga yang berupa icon tong sampah.

Nah, menekan tombol tersebut merupakan cara manual untuk menutup aplikasi yang sedang terbuka secara bersamaan (masal) guna membersihkan RAM.

Cara manual berikutnya bisa kalian lakukan dengan menarik aplikasi ke arah atas, bawah, kiri atau kanan layar, masing-masing brand hp akan berbeda. Setelah digeser maka aplikasi terpilih akan ditutup, begitu seterusnya untuk aplikasi yang lainnya.

Pembersihan seperti ini juga akan dilakukan secara otomatis oleh sistem operasi yang ada di hp tersebut tanpa pemberitahuan kepada penggunanya.

Sistem operasi pada hp akan mendeteksi sesuai settingan yang di terapkan kapan mereka akan melakukan optimalisasi pada sistem mereka.

Hal seperti ini lah yang akan membuat aplikasi Armod yang kalian gunakan tersebut tertutup / mati sehingga koneksi internet pada ho tersebut pun ikut terputus.

Oke, kita kembali ke tampilan recent apps tersebut ya guys.

Pada gambar di atas fitur kunci recent apps nya tidak muncul pada kondisi tersebut, karena itu adalah tampilan pada hp android versi lama.

Untuk tampilan pada hp android versi terbaru akan terlihat seperti pada kedua gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Untuk yang gambar pertama itu ada dua macam, ada yang posisi menunya di sebelah kiri seperti itu dan ada yang berada di sebelah kanan.

Untuk yang berada di sebelah kiri, biasanya bentuk menunya seperti itu, berbentuk segitiga terbalik. Sementara yang posisinya berada di sebelah kanan, menunya berbentuk titik tiga (vertikal).

Sementara yang gambar kedua itu fitur kunci recent apps nya sudah langsung muncul di luar dan letaknya pasti berada di sisi kanan. Untuk yang tampilannya seperti yang gambar kedua ini, jika ingin mengaktifkan fitur kunci recent apps nya, kalian tinggal klik aja icon gembok nya.

Bagi yang tampilannya seperti gambar yang pertama, maka saat ingin mengaktifkan fitur kunci recent apps nya maka tinggal klik menunya lalu pilih menu Kunci seperti yang terlihat di gambar berikut ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Tandanya fitur kuncinya sudah aktif, maka akan muncul icon gembok di sisi kanan seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Berhubung tampilan setiap hp akan berbeda-beda, jadi silahkan sesuaikan aja dengan hp masing-masing.

Jika fitur tersebut sudah diaktifkan maka aplikasi tersebut tidak akan ikut dimatikan saat terjadi pembersihan RAM atau optimalisasi oleh sistem operasinya.

CARA KEDUA

Buat kalian yang hp androidnya masih menggunakan sistem operasi yang versi lama maka tampilannya akan berbeda lagi, tidak akan muncul seperti yang ada di cara pertama tadi ya guys.

Untuk yang masih menggunakan versi lama, caranya akan sedikit rumit, karena perlu membuka beberapa menu untuk menemukan fitur kunci recent apps tersebut.

Berikut beberapa langkah yang perlu kalian ikuti untuk mengaktifkan fitur kunci recent apps pada android versi lama.

Pertama, silahkan geser/tarik bagian atas layar hp kalian ke arah bawah (swipe), maka akan muncul halaman notifikasi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Kemudian silahkan kalian klik icon booster seperti yang terlihat pada gambar di atas (lingkaran merah).

Lagi-lagi, tampilan dan icon booster RAM tersebut untuk masing-masing hp akan berbeda ya guys.

Setelah icon booster RAM tersebut di klik, maka akan muncul halaman seperti berikut ini. Silahkan kalian klik menu yang ada di pojok kanan atas tersebut (lingkaran merah).

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Setelah itu akan muncul halaman berikutnya seperti berikut ini. Silahkan kalian klik menu kunci aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Setelah itu akan muncul halaman berikutnya. Silahkan kalian cari aplikasi Armod yang ingin kalian kunci. Setelah ketemu, silahkan klik aplikasinya sampai tombolnya berubah warna.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Setelah tombolnya berubah warna (aktif), silahkan kalian klik tombol kembali (back) yang ada di pojok kiri atas.

Maka kalian akan melihat pada menu kunci aplikasi tersebut akan tertera berapa jumlah aplikasi yang sedang diaktifkan fitur kunci recent apps nya.

Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri

Sampai disini proses mengaktifkan fitur kunci recent apps pada aplikasi Armodnya sudah selesai. Silahkan kalian klik tombol kembali sampai benar-benar keluar dari halaman pengaturan ini.

Jika kalian ikuti dan lakukan sesuai petunjuk di atas, maka aplikasi Armod yang kalian gunakan tidak akan mati sendiri dan koneksi internet kalian juga tidak akan terputus kecuali hp tersebut kalian matikan atau kalian restart.

Oke guys, berhubung sudah terlalu panjang cerita kita hari ini kita cukupkan sampai disini dulu ya guys.

Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan terkait tutorial kali ini, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang telah disediakan di bagian bawah postingan ini.

Rudi Etnovian
Rudi Etnovian Seorang Blogger yang Menyediakan Layanan Pembuatan Website, Layanan Internet Murah dan Layanan Instal Ulang Windows Komputer

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Armod Yang Sering Terputus / Mati Sendiri"